Apa Yang Dimaksud Virtual Reality
Trend Technology Mobile
Hey
sobat ada yang tau apa sih virtual reality ( VR ) itu?? Virtual Reality itu yang digunakan Darth Vader di film Star
Wars, sebuah teknologi yang memungkinkan Anda untuk berinteraksi dengan objek
imajinasi dengan menggunakan komputer dan membawa Anda ke dalam suasana
3-Dimensi yang seolah nyata.
Anda mungkin pernah mencoba untuk menonton film
3-Dimensi dengan bantuan kacamata khusus, bukan? Apa yang anda lihat saat
menonton film 3D dengan kacamata khusus tersebut? Ya, gambar yang ditampilkan
di layar akan terasa dekat di depan mata anda. Pengalaman tersebut tentu
berbeda saat anda hanya menonton film biasa di televisi atau komputer.
Namun, teknologi virtual reality menawarkan
sebuah pengalaman yang lebih dari kacamata 3D biasa. Virtual reality
membangkitkan suasana 3D dengan sejumlah alat tertentu, serta memungkinkan
penggunanya untuk merasakan seperti berada di dunia nyata padahal ia sedang
berada di dunia maya.
Teknologi ini digunakan oleh peramu obat,
arsitek, pekerja medis, bahkan gamer yang menyukai sensasi bermain game yang
‘nyata’. Bahkan saat ini sudah banyak bermunculan game yang dibuat khusus untuk
virtual reality tersebut.
Teknologi virtual reality juga memberikan banyak
kontribusi terhadap dunia militer. Di Amerika Serikat, para tentaranya akan
menggunakan virtual reality untuk simulasi peperangan. Mereka akan merasakan
situasi di medan perang secara nyata dengan teknologi ini. Cara ini dinilai
lebih praktis dan ekonomis dibanding melakukan latihan perang yang sesungguhnya.
APA ITU VIRTUAL REALITY (VR) ????
Virtual reality (VR) atau realitas maya adalah teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan
oleh komputer (computer-simulated environment), suatu lingkungan sebenarnya yang ditiru atau benar-benar
suatu lingkungan yang hanya ada dalam imaginasi. Lingkungan realitas maya terkini umumnya menyajikan pengalaman visual, yang ditampilkan pada sebuah layar komputer atau melalui
sebuah penampil stereokopik, tetapi beberapa simulasi mengikutsertakan tambahan informasi hasil pengindraan,
seperti suara melalui speaker atau heaphonde.
SEJARAH VIRTUAL REALITY (VR)
Morton Heilig menulis pada 1950-an tentang "Teater
Pengalaman" yang dapat meliputi semua indera dengan suatu cara efektif,
sehingga menarik penonton ke dalam kegiatan di layar. Ia membangun suatu
prototipa dari visi nya yang di namakan Sensorama pada 1962, bersama dengan lima film pendek untuk dipertunjukkan di
dalamnya sembari melibatkan berbagai indera (penglihatan, pendengaran,
penciuman, dan sentuhan). Mendahului komputasi digital, Sensorama adalah sebuah alat mekanis, yang dilaporkan masih berfungsi hingga hari ini. Pada 1968, Ivan Sutherland, dengan bantuan dari siswanya Bob Sproull, menciptakan apa yang secara luas dianggap sebagai pendahulu
Realitas maya dan sistem Diplay Terjulang di Kepala reality augmented (Head-mounted Augmented Reality). Alat itu primitif baik dalam kaitan dengannya alat penghubung pemakai dan realisme, dan HMD untuk dikenakan oleh pemakai sangatlah berat
sehingga harus digantungkan dari, dan grafiknya yang
berisikan lingkungan maya adalah sebuah wireframe sederhana. Penampilan alat yang hebat mengilhami nama
nya, Pedang Damocles. Juga terkemuka di antara hypermediadan sistem Realitas maya yang lebih awal adalah Peta Bioskop Aspen, Yang telah diciptakan pada MIT pada 1977.
Program adalah suatu simulasi kasar tentang
kota Aspen di Colorado. Di sana para pemakai bisa mengembara dalam salah satu dari
tiga gaya: musim panas, musim dingin, dan poligon. Dua hal pertama itu telah
didasarkan pada foto & mdash; para peneliti benar-benar memotret tiap-tiap
pergerakan yang mungkin melalui panggangan jalan kota besar dalam musim
kedua-duanya & mdash; dan yang ketiga adalah suatu model dasar 3D kota
besar [itu]. Di penghujung 1980s istilah "Realitas maya" telah dipopulerkan oleh Jaron Lanier, salah satu pelopor modern dari bidang tersebut. Lanier
yang telah mendirikan perusahaan VPL Riset (dari "pada 1985, yang
mengembangkan dan membangun sistem "kacamata hitam dan sarung tangan"
yang terkenal di dasawrsa itu.
Adapun perkembangan sejarah virtual
reality bisa digambarkan secara sederhana melalui grafik berikut:
Perangkat dan Elemen Virtual Reality
Untuk memunculkan sensasi nyata dari virtual
reality diperlukan perangkat pendukung. Perangkat yang digunakan untuk
mendukung teknologi virtual reality biasanya berupa helm, walker, headset, suit
dan sarung tangan (glove). Perangkat-perangkat tersebut bertujuan untuk
melibatkan sebanyak mungkin indra yang dimiliki manusia. Tentunya dengan banyak
indra yang terlibat dalam vertual reality akan berbanding lurus dengan tingkat
sensasi nyata dari dunia virtual yang dimunculkan.
Paling tidak dibutuhkan sebuah headset (yang
dipasangkan smartphone yang mendukung VR) untuk bisa merasakan sensasi virtual
reality.Ada 4 elemen penting dalam virtual reality. Adapun 4 elemen itu adalah
sebagai berikut:
- Virtual world, sebuah konten yang menciptakan dunia virtual dalam bentuk screenplay maupun script
- Immersion, sebuah sensasi yang membawa pengguna teknologi virtual reality merasakan ada di sebuah lingkungan nyata yang padahal fiktif. Immersion dibagi dalam 3 jenis, yakni:
- Mental immersion, membuat mental penggunanya merasa seperti berada di dalam lingkungan nyata
- Physical immersion, membuat fisik penggunanya merasakan suasana di sekitar lingkungan yang diciptakan oleh virtual reality tersebut
- Mentally immersed, memberikan sensasi kepada penggunanya untuk larut dalam lingkungan yang dihasilkan virtual reality
- Sensory feedback berfungsi untuk menyampaikan informasi dari virtual world ke indera penggunanya. Elemen ini mencakup visual (penglihatan), audio (pendengaran) dan sentuhan
- Interactivity yang bertugas untuk merespon aksi dari pengguna, sehingga pengguna dapat berinteraksi langsung dalam medan fiktif atau virtual world
Sebuah teknologi dapat
dikatakan sebagai virtual reality jika sudah memenuhi beberapa persyaratan
berikut ini:
- Tampilan gambar / grafis / visualisasi 3D tampak nyata dan sesuai dengan perspektif dari penggunanya
- Mampu mendeteksi semua gerakan dan respon dari pengguna, seperti gerakan kepala atau bola mata pengguna. Ini dibutuhkan agar tampilan grafis dapat sesuai dengan perubahan dunia 3D dari pengguna itu sendiri
Perkiraan Masa Depan
Perkiraannya belum
jelas persisnya dimana masa depan realitas maya dipimpin. Untuk sementara
waktu, grafik mempertunjukkan HMD akan segera menjangkau suatu titik dekat
realisme. Audio kemampuan akan pindah ke suatu dunia yang baru tiga bunyi serasi
dimensional. Ini mengacu pada penambahan kanal bunyi kedua-duanya di atas dan
di bawah yang individu. Aplikasi kenyataan yang sebetulnya dari masa depan ini
teknologi akan hampir bisa dipastikan jadilah dalam wujud diatas headphone
telinga.
Di dalam batas teknologi
ada, penglihatan dan bunyi serasi adalah dua pikiran sehat yang mana terbaik
meminjamkan diri mereka ke simulasi mutu tinggi. Ada bagaimanapun usaha yang
sedang sekarang ini dibuat untuk menirukan. Tujuan riset sekarang dihubungkan
untuk suatu proyek yang mengarah pada perlakukan Menempatkan poskan Kekacauan
Tekanan Traumatis di dalam veteran dengan pembongkaran merekanya untuk
menyerang simulasi, lengkap. Walaupun sering dilihat dalam konteks pertunjukan oleh
kultur populer, ini menggambarkan titik bahwa yang masa depan VR sangat banyak
terikat pada therapuetic, pelatihan, dan permintaan rancang-bangun. dengan yang
fakta, suatu pembaptisan yang berhubungan dengan perasaan penuh di luar tactile
umpan balik basis dasar, penglihatan, bunyi;serasi, dan bau tidak mungkin untuk
menjadi gol didalam industri. Menyebutkan
berharga yang menirukan bau, selagi bisa dilakukan sangat secara realistis
memerlukan R&D mahal untuk membuat bau masing-masing, dan mesin dirinya
sendiri adalah khusus dan mahal, penjahit kapsule penggunaan buatkan bagi itu.
Sampai sekarang basis dasar, dan bau yang sangat kuat seperti membakar karet,
cordite, uap bensin, dan so-forth telah dibuat. Sesuatu yang kompleks seperti
suatu produk makanan atau bunga spesifik akan bersifat mahal menjadi penghalang
( lihat industri parfum sebagai suatu contoh).
https://www.codepolitan.com/virtual-reality-dan-perkembangannya
https://id.wikipedia.org/wiki/Realitas_maya
https://www.codepolitan.com/virtual-reality-dan-perkembangannya
https://id.wikipedia.org/wiki/Realitas_maya
Komentar
Posting Komentar